Misi

  1. Memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan pada pemakai jalan, sehingga para pemakai jalan merasa aman, selamatdalam perjalanan dan selamat sampai tujuan.
  2. Memberikan bimbingan kepada masyarakat lalu lintas melalu upaya preventif dan represif untuk meningkatkan kesadaran dan ketertiban serta kepatuhan terhadap ketentuan peraturan lalu lintas.
  3. Memunculkan inovasi-inovasi baru dalam pelayanan terhadap masyarakat dibidang SSB yaitu :Sim Corrner, SIM keliling dengan penyelesaian waktu 15 menit, samsat corner, drive thru, samsat link, samsat delivery, samsat payment point, samsat keliling serta komputerisasi BPKB ditlantas polda jatim, polres blitar dan polres jember. Diawal bulan maret 2009 keseluruhan polres/ta sudah diharuskan mengopersikan layanan komputerisasi BPKB.
  4. Melakukan penegakan hukum dibidang lantas secara professional dan propisional, transparan dan akuntabel untuk menjamin kepastian hukum dan rasa keadilan.
  5. Memeliharan kamtibmas lantas untuk menjamin keselamatan dan kelancaran arus orang dan barang
  6. Mengembangkan Community policing yang berbasis pada masyarakat patuh hukum (law abiding citizen)
  7. Mengelola secara Profesional , transparan, akuntabel dan modern seluruh sumber daya polentas guna mendukung operasional tugas polentas.
  8. Melakukan tindakan inovatif terhadap pemecahan permasalahan lalu lintas di jawa timur dengan penerapan program responsible riding dan safety riding
  9. Mengembangkan program – program tertib berlalu lintas yang sudah dilaksanakan dengan program – program lanjutan
  10. Membangun kepercayaan kepada masyarakat tentang berlalu lintas baik melaui Boneka Semeru, Opini Traffic, Dikmas Lantas, Safari Lantas di jajaran jawa timur melalui tindakan nyata dan mass media cetak / elektronik ( jawa pos , memorandum,kompas ,radio,televisi ) dan lain - lain